PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KOPI BUBUK IKBAR LUBUKLINGGAU

Maria, Lini (2021) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KOPI BUBUK IKBAR LUBUKLINGGAU. Jurnal Mahasiswa Manajemen.

[img] Text
Lini MariaJurnal Lini Maria Fix.docx

Download (112kB)

Abstract

Loyalitas dari pelanggan sangatlah mempengaruhi tercapainya tujuan dari berdirinya perusahaan dalam mempertahankan eksistensi perusahaan, karena loyalitas pelanggan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan dari suatu perusahaan. Banyaknya perusahaan saat ini berakibatpada masalah loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai loyalitas pelanggan yang di lihat dari sudut pandang harga dan kualitas pelayanan dengan kepuasan sebagai mediasi pada Kopi Bubuk Ikbar Lubuklinggau. Penelitian ini mengambil tempat pada Kopi Bubuk IkbarLubuklinggau yang beralamatkan di Jl. Patimura, Kelurahan Muara Enim Kecamatan Lubuklinggau Barat I Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan. Penelitian ini dilakukan dalam periode waktu 6 (enam) bulan, terhitung dimulai pada bulan Januari 2022 sampai dengan bulan Juni 2022. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik kuesioner dan dokumentasi. Jumlah populasi yang dijadikan sample adalah sebanyak 42 orang. Variabel dan indikator yang digunakan pada penelitian ini di antaranya adalah variable X1 yaitu Harga, Variabel X2 yaitu kualitas pelayanan, Variable Y adalah loyalitas pelanggan dan variabel Z adalah kepuasan. Sementara teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana, uji koefisien korelasi, uji T, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji F, analisis jalur, dan menggunakan uji sobel. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan harga berpengaruh secara signifikan kapada loyalitas pelanggan. Selanjutnya harga dan pelayanan juga berpengaruh secara signifikan kepada kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengarh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan namun harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui analisis jalur kepuasan pelanggan pada kopi bubuk ikbar lubuklinggau. Kata kunci: Loyalitas, Kepuasan, Harga, Pelayanan

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Miss Herlina Widiastuti
Date Deposited: 04 Jan 2023 07:44
Last Modified: 04 Jan 2023 07:44
URI: http://eprints.univbinainsan.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item View Item