Pengaruh Komunikasi Dan Pelayanan Publik Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Musi Rawas

Ayu, Nadia Sagita Dwi (2021) Pengaruh Komunikasi Dan Pelayanan Publik Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Mahasiswa Manajemen.

[img] Text
02092022095103Jurnal Nadia2.docx

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh komunikasi dan pelayanan publik terhadap indeks kepuasan masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Musi Rawas. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna layanan pada Bidang Kependudukan dan Bidang Pencatatan Sipil pada unit pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Musi Rawas yang berjumlah 116 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 responden. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada pengguna layanan pada Bidang Kependudukan dan Bidang Pencatatan Sipil pada unit pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Musi Rawas. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan berganda. Dari pengujian menunjukkan bahwa hipotesis pertama yaitu komunikasi berpengaruh terhadap indeks kepuasan masyarakat, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji t yang menunjukan nilai thitung = 8,513 lebih besar dari nilai ttabel = 2,045 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hipotesis kedua yaitu pelayanan public berpengaruh terhadap indeks kepuasan masyarakat, hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji t yang menunjukkan nilai t hitung = 8,922 lebih besar dari nilai ttabel = 2,045 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Dan hipotesis ketiga yaitu komunikasi (X1) dan pelayanan publik (X2) secara simultan berpengaruh terhadap indeks kepuasan masyarakat (Y), hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji F menunjukkan nilai F hitung= 63,471 dan Ftabel = 3,354 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Kata Kunci: indeks kepuasan masyarakat, komunikasi dan pelayan publik

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Studi Manajemen
Depositing User: Miss Herlina Widiastuti
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:17
Last Modified: 27 Oct 2022 03:17
URI: http://eprints.univbinainsan.ac.id/id/eprint/240

Actions (login required)

View Item View Item